Tips Kesehatan : 16 Tanaman Yang Dikonsumsi Untuk Meningkatkan Kesuburan

Info 16 Tanaman Yang Dapat Dikonsumsi Untuk Meningkatkan Kesuburan Agar Cepat Hamil

Vebma | 5 months ago

Hampir setiap hari kita mengkonsumsi berbagai jenis tanaman sebagai bahan makanan. Ternyata tanpa disadari banyak tanaman disekitar kita yang bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan organ reproduksi. Berikut adalah  beberapa jenis tanaman yang bisa digunakan untuk meningkatkan kesuburan bagi pria dan wanita agar cepat memiliki keturunan.

  1. Kemangi   

Kemangi merupakan tanaman berbentuk perdu, tumbuh tegak dengan tinggi mencapai 100 m. Daunnya berwarna hijau dan bunganya tumbuh pada tandan. Kemangi banyak tumbuh di daerah Asia dan Amerika. Tanaman yang memilik aroma yang khas ini biasanya digunakan sebagai bahan makanan. Kemangi mengandung zat boron yang berguna untuk menyuburkan kandungan karena berfungsi merangsang hormon esterogen. Selain itu, Zat arigin yang terkandung dalam kemangi mampu memperkuat sel sperma pada pria.

Cara pembuatan :

  1. Ambil beberapa genggam daun kemangi dan cuci bersih

  2. Tumbuh daun kemangi sampai hancur

  3. Tambahkan sedikit air hangat kemudian saring

  4. Tambahkan setengah gelas air dan siap diminum

  5. Minumlah setiap pagi atau sore hari

  1. Alpukat

Alpukat banyak ditemukan di daerah beriklim tropik seperti Indonesia. Tanaman ini memiliki tinggi mencapai 20 m, berbatang kayu berwarna cokelat, daunnya berwarna hijau dan kulit buahnya ada yang berwarna hijau dan ada juga yang berwarna kemerahan dengan daging buah berwarna hijau kekuningan. Alpukat mengandung alkaloid, flavonoida polifenol, saponin dan tannin yang dapat membantu meningkatkan kesuburan untuk wanita. Alpukat juga mengandung lemak baik dan asam folat yang dibutuhkan sebagai kesehatan rahim untuk wanita yang ingin mempersiapkan kehamilan. Alpukat dapat dikonsumsi setiap hari sebagai jus, salad buah atau dimakan langsung.

  1. Bayam Merah

Bayam merah memiliki daun yang berwarna merah, batang dengan tinggi 30 cm dan banyak tersebar di daerah Asia. Tanaman ini bermanfaat untuk kesuburan rahim, meningkatkan fungsi reproduksi dan kesehatan organ intim. Bayam merah banyak mengandung vitamin E, zat besi dan asam folat yang sangat berperan penting dalam meningkatkan kesuburan alat reproduksi wanita karena berfungsi membantu produksi hormon esterogen. Bayam merah dapat dikonsumsi setiap hari sebagai bahan masakan.

  1. Kecambah atau Tauge

Kecambah atau tauge berasal dari biji kacang hijau yang baru mulai tumbuh untuk menjadi tanaman baru. Kecambah atau tauge biasanya digunakan sebagai bahan masakan. Kandungan vitamin E pada kecambah dapat membantu meningkatkan kesuburan pria maupun wanita. Kecambah dapat dimasak matang atau langsung dimakan sebagai lalapan setiap hari untuk membantu meningkatkan kesuburan reproduksi.

  1. Jinten putih

Jinten putih banyak tersebar didaerah Asia Tenggara. Jintan putih biasa digunakan sebagai bumbu masakan oleh orang Indonesia. Jinten putih dapat digunakan untuk memperlancar haid dan meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita.

  1. Pegagan

Pegagan banyak tumbuh di ladang, kebun atau pematang sawah. Pegagan tersebar didaerah beriklim tropik dan banyak dijumpai di Indonesia. Tanaman ini bermanfaat untuk membantu merangsang produksi kolagen dan membantu regenerasi sel telur pada wanita karena mengandung zat madecassosside. Selain itu, tanaman ini juga mengandung karoten yang dapat melindungi sel sperma dan sel telur dari radikal bebas. Daun pegagan biasanya dapat dimakan langsung sebagai lalapan atau asinan.

  1. Bangle

Bangle (zingiber purpureum roxb) banyak tumbuh didaerah tropic dan tersebar  di India dan Indonesia. Tanaman yang dimanfaatkan rimpangnya ini banyak digunakan sebagai bumbu masakan. Bangle  berfungsi untuk mengatasi masalah kesuburan karena memiliki sifat antipiretik, analgesik, antibakteri dan banyak mengandung vitamin C.

Cara penggunaan

  1. Siapkan bangle, kencur dan rumput teki masing-masing sebanyak 10 gram

  2. Cuci bersih semua bahan tersebut dan ditumbuk

  3. Lalu seduh dengan air panas sebanyak satu gelas dan disaring, setelah dingin tambahkan madu agar tidak terlalu pahit, dan minumlah ramuan tersebut.

  4. Pisang

Pisang banyak tersebar dihampir seluruh wilayah Indonesia. Tanaman ini memiliki batang yang lurus, daun yang panjang dan lebar. Buahnya ada yang berwarna kuning dan ada yang berwarna hijau yang tumbuh pada sebuah tandan. Pisang mengandung asam folat dan vitamin B6 yang berperan penting untuk mengatur hormon reproduksi. Kekurangan vitamin B6 dapat membuat siklus menstruasi menjadi tidak lancar dan mengganggu pertumbuhan sperma dan sel telur. Pisang dapat dikonsumsi setiap hari sebagai buah pencuci mulut atau sebagai bahan untuk membuat aneka jenis makanan.

  1. Brokoli

Brokoli adalah jenis sayuran yang mirip dengan kembang kol tetapi batang dan daunnya berwarna hijau. Brokoli sudah banyak ditemukan di Indonesia dan pada umumnya tumbuh didaerah dataran tinggi yang sejuk. Brokoli banyak mengandung asam folat yang membantu meningkatkan proses ovulasi, mencegah keguguran dan masalah genetik pada bayi. Asam folat dapat meningkatkan jumlah produksi sperma yang normal bagi pria. Brokoli dapat dikonsumsi setiap hari sebagai bahan masakan.

  1. Zaitun

Zaitun merupakan tumbuhan yang biasa tumbuh didaerah iklim panas seperti Afrika, Asia dan Laut tengah. Buah zaitun menghasilkan minyak yang mengandung lemak tak jenuh tunggal yang mampu mengurangi peradangan diseluruh tubuh termasuk peradangan yang mengganggu sistem ovulasi, proses pembuahan dan perkembangan embrio pada awal kehamilan. Lemak tak jenuh tunggal juga mampu meningkatkan sensitivitas insulin. Minyak buah zaitun dapat dikonsumsi setiap hari sebagai minyak untuk menggoreng, campuran salad dan bahan untuk membuat makanan.

  1. Kurma Muda 

Kurma merupakan jenis tanaman palem yang banyak tumbuh didaerah Timur Tengah. Kurma muda mengandung hormon bitosin yang berperan untuk gerak peristaltik dalam rahim dan aliran darah.  Kurma muda baik dikonsumsi bagi wanita yang ingin melakukan program hamil dan wanita yang akan melahirkan karena kurma muda juga membantu memproduksi hormon oksitosin yang akan membantu memperluas leher rahim pada saat persalinan.

  1. Labu Kuning

Labu kuning banyak tumbuh di Indonesia, memiliki daun yang hijau lebar dan tumbuh menjalar. Labu kuning memiliki biji yang kaya akan zat besi non-heme yang dapat meningkatkan peluang hamil bagi seorang wanita. Biji labu kuning ini dapat dikonsumsi sebagai cemilan.

Cara penggunaan :

  1. Ambil biji labu kuning dari dalam buahnya

  2. Cuci bersih dan keringkan

  3. Kemudian panggang biji didalam oven hingga renyah

  4. Kacang Polong

Kacang polong banyak tumbuh di Eropa, tetapi saat ini kacang polong sudah banyak dibudidayakan di Indonesia didaerah dataran tinggi dengan iklim sejuk. Kacang polong kaya akan kandungan zinc yang berfungsi memperbaiki bentuk sperma, meningkatkan volume, fungsi dan kualitas sperma pada pria. Sedangkan pada wanita, zinc berperan dalam membantu menyeimbangkan hormone esterogen dan progesterone yang berperan penting dalam proses kehamilan. Kacang polong dapat dikonsumsi sebagai bahan masakan dan bahan pembuat cemilan.

  1. Asparagus

Asparagus mengandung asam folat yang berfungsi untuk mengurangi resiko kegagalan ovulasi. Asparagus sangat baik dikonsumsi wanita yang sedang dalam program untuk hamil. Selain itu, asparagus juga banyak mengandung vitamin seperti vitamin vitamin B6, kalsium, magnesium dan seng,  protein, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, thiamin, riboflavin, rutin, niacin, besi, fosfor, kalium, tembaga, mangan dan selenium. Sayuran ini dapat dikonsumsi sebagai bahan masakan.

  1. Jeruk

Jeruk merupakan buah yang banyak mengandung vitamin C sehingga dapat meningkatkan jumlah sperma dan meningkatkan kemampuan sperma untuk bergerak dengan benar kearah sel telur. Jeruk dapat dikonsumsi setiap hari sebagai buah, jus atau sirup.

  1. Kacang Almond

Kacang almond banyak mengandung vitamin E yang berfungsi untuk meningkatkan kesuburan dan mencegah radikal bebas. Vitamin E membantu meningkatkan kesehatan sperma pada pria dan berperan dalam menjaga kesehatan sel telur pada wanita. Kacang almond dapat dikonsumsi sebagai cemilan, bahan campuran untuk kue atau minuman.

Demikianlah beberapa jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk membantu pasangan suami istri untuk meningkatkan kesuburan. Semoga dengan berusaha dan berdoa dapat membantu anda agar segera mendapatkan keturunan.

Baca juga :

 Tips mengatasi mual saat hamil

Dikutip oleh : Bonita Generali

Phone Call : 082254825710 / 0561-8172054

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s